Ibadah > Sekolah Minggu > Pre-elementary

Ibadah

Pre-elementary

Kelas untuk anak berumur 2 – 3 tahun.

Bahan pendidikan:

Show Me Jesus for 2 – 3 years old
Penerbit: Orthodox Presbyterian Church of America

Setiap tema diajarkan selama 2 minggu.

Ruang kelas dilengkapi dengan kursi dan meja pendek untuk kenyamanan para murid. Bahan pelajaran dilengkapi dengan Teaching visual aids, Student Activities dan At Home papers.

  showmejesus

 

 July 2016 Updates:

Pada awal bulan Maret 2016, beberapa anak anak sekolah Minggu di GRII Melbourne, mengikuti kenaikan kelas. Dari kelas pre elementary, beberapa anak yang sudah berumur 5 tahun dan sudah masuk prep/ foundation di sekolahnya, juga naik ke kelas lower elementary. Para guru kelas pre elementary tentu kehilangan mereka yang naik ke lower elementary. Kami sudah mengenal dekat dengan anak-anak ini dan kita sudah belajar firman Tuhan bersama-sama selama beberapa tahun.  Tetapi kami, guru-guru sekolah Minggu juga bangga bahwa anak-anak yang naik kelas ini sudah siap untuk belajar firman Tuhan yang lebih dalam di kelas lower elementary. Kami, para guru pre elementary, mendoakan semoga anak-anak ini terus bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan.

Dari kenaikan kelas ini, kelas pre elementary mendapatkan 7 anak baru yang naik dari kelas toddler ke pre elementary.

Pada minggu-minggu pertama setelah kenaikan kelas, anak-anak baru di kelas pre elementary ini mengalami tantangan untuk mengikuti rutinitas kelas dan mereka juga mengalami separation anxiety pada saat berpisah dengan orang tua mereka.

Guru-guru kelas pre elementary dan orang tua murid bersama-sama berusaha mencari jalan keluar untuk hal ini. Guru-guru pre elementary berinisiatif untuk membuat jadwal rutinitas di kelas pre elementary dalam bentuk gambar- gambar yang ditempelkan di dinding kelas pre elementary. Tujuannya adalah sehingga anak-anak mengetahui urutan kegiatan kelas pre elementary setiap minggunya. Setiap minggu guru-guru juga mengingatkan peraturan yang berlaku di kelas pre elementary.

  

Pre El -0716-1

Selain itu, guru-guru pre elementary juga membuat chart dengan gambar “smiley face”. Chart ini dimaksudkan untuk memberi semangat kepada anak-anak untuk mematuhi peraturan di kelas pre elementary. Setiap anak yang mematuhi peraturan dan mendengarkan guru dengan baik akan mendapatkan 1 smiley sticker. Peraturan-peraturan di kelas pre elementary misalnya: semua anak harus bermain bersama-sama, mereka harus sharing mainannya, tidak boleh melempar mainan, tidak boleh memukul, keep hands to yourself, pada saat bible story harus duduk dengan diam dan mendengarkan. Selain itu, untuk anak-anak yang tidak mematuhi peraturan pada hari Minggu tersebut, mereka harus duduk di “time out chair” selama 3 menit. “Time out chair” di letakan di sebelah guru.

Puji Tuhan! Setelah 3 minggu melakukan hal-hal tersebut di atas, anak-anak di kelas pre elementary sudah mampu beradpatasi dengan baik. Saat ini, anak-anak di kelas pre elementary sudah mengerti dan mampu mengikuti rutinitas kelas pre elementary dan sekarang mereka mentaati peraturan kelas pre elementary dengan lebih baik.

Tahun ini, kelas pre elementary juga mendapatkan banyak support dari para pemuda yang bersedia melayani sebagai asisten di kelas pre elementary. Dalam 1 session setiap hari Minggu, kelas pre elementary membutuhkan 3 orang asisten dan 1 orang guru. Ini dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah anak di kelas pre elementary dan usia anak yang sebagian besar berumur 3 tahun.

  

Pre El -0716-2
Pre El -0716-3

  

Buku pelajaran yang dipakai di kelas pre elementary pada awal tahun 2016 adalah Gospel Light For Pre School, Spring quarter edition. Buku ini akan selesai dipakai pada bulan Agustus tahun ini. Kelas pre elementary kemudian akan melanjutkan memakai buku Gospel Light for Pre School, Fall quarter edition.

Bersyukur untuk pimpinan Tuhan dan dukungan dari semua orang tua murid dan kerja keras seluruh guru dan asisten yang terlibat dalam pelayanan di pre elementary selama setengah tahun ini. Kami berdoa, kiranya Tuhan juga yang akan terus memimpin kelas ini di setengah tahun mendatang.